Hari Dharma Samudera

Hari Dharma Samudera diperingati setiap tanggal 15 Januari, peringatan ini untuk mengenang peristiwa heroik yaitu pertempuran Laut Aru tanggal 15 Januari 1962.

Pertempuran laut Aru melibatkan tiga kapal cepat torpedo TNI Angkatan Laut. Yakni Kapal Perang RI Macan Tutul, KRI Harimau dan KRI Macan Kumbang menghadapi kapal perang kerajaan Belanda yang lebih modern dan canggih. Komodor Yos Sudarso yang saat itu menjabat sebagai Deputi Kasal, on board di atas RI Macan Tutul sebagai Senior Officer Present Afloat (Sopa).

KRI Macan Tutul yang melakukan patroli sekaligus misi pendaratan bagi sukarelawan asal Irian ke Kaimana itu berangkat bersama KRI Macan Kumbang dan KRI Harimau, 3 kapal cepat torpedo yang dimiliki ALRI pada masa itu.

Misi itu merupakan bagian dari Operasi Trikora yang didengungkan oleh Bung Karno pada 19 Desember 1961. Isi seruan itu ialah kibarkan Sang Saka Merah Putih di Irian, Gagalkan pembentukan negara boneka Papua oleh Belanda, dan bersiaplah untuk mobilisasi umum guna menjaga persatuan dan kesatuan.

Pertempuran sengit sempat terjadi, saat Yos Sudarso mengambil alih pimpinan dan segera memerintahkan serangan tembakan balasan. Dengan tindakan seperti itu maka tembakan musuh terpusat pada KRI Macan Tutul.

Melalui Radio Telefoni, Yos Sudarso menyampaikan pesan tempurnya “Kobarkan Semangat Pertempuran” sesaat sebelum KRI Macan Tutul tenggelam. Akhirnya Yos Sudarso beserta 25 awak kapal gugus sebagai kusuma bangsa. Diantara awak kapal yang gugur antara lain Kapten Memet dan Kapten Wiratno.

Tahun 2016 ini Siaga dan Penggalang melakukan latihan gabungan memperingati hari Dharma Samudera. Mulai dari bermain bola sampai dengan perang air bersama. Semua tampak gembira dan bahagia.

(47) view

Scout Hymn

Sebuah lagu untuk menambah khazanah lagu-lagu kepanduan: Scout Hymn, karya Ralph Reader

Now as I start upon my chosen way,
In all I do, my thoughts, my work, my play,
Grant as I promise, courage new for me
To be the best, the best that I can be.

***

Open mine eyes to see things as I should,
That I may do my daily turn of good,
Let me be ready, waiting for each need
To keep me clean in thought and word and deed.

***

So as I journey on my chosen way,
In all I do, my thoughts, my work, my play,
Grant as I promise, courage new for me,
To be the best, the best that I can be

(364) view

Kursus Mahir Dasar – Minggu 4

Masih ingat KIM pendengaran? Kurang lebih begitulah cara menikmati video berikut ini.

Rekaman disajikan apa adanya. Karena keterbatasan kemampuan kamera, hanya tertangkap nyala api unggun saja. Jadi silakan bayangkan apa yang terjadi melalui suara yang terdengar. Anggap saja KIM pendengaran. 🙂

Untuk melengkapi, silakan lihat juga foto-foto kegiatan camping KMD 2013 berikut ini:

(349) view

Secuplik acara KMD

Kursus Mahir Dasar Bandung 19-20 telah selesai dilaksanakan pada hari Minggu 28 Juli 2013. Banyak ilmu, kenangan dan kemahiran yang didapat dari kursus tersebut. Terima kasih untuk kakak-kakak pelatih, kakak-kakak peserta pelatihan yang jauh jauh datang dari Aloy maupun dari Jakarta. Terima kasih untuk transfer ilmu dan pengalaman, terutama saat api unggun, benar benar seperti acaranya Baden Powell.

Untuk rekan-rekan yang belum ikut, sebaiknya luangkan waktu sekitar 100 jam pelajaran selama 1 bulan, ilmu yang kita dapat pasti sangat bermanfaat.

Berikut, saya sampaikan cuplikan dari penutupan KMD kemarin

(358) view

Kompor Mini dari kaleng soda bekas

Berikut ini video tentang pembuatan kompor dari barang bekas. Bahannya adalah kaleng soda / minuman ringan bekas yang biasanya dibuang begitu saja. Ternyata caranya cukup mudah dan sederhana, yang penting pengerjaannya cukup rapi dan sabar. Bila sudah dicoba, pembuatan kompor selanjutnya bahkan hanya memerlukan waktu 10 – 15 menit saja.

Bahan bakarnya adalah spiritus, yang mudah diperoleh di toko besi atau kios arang atau kios peralatann petromax di pasar. Untuk penggunaan spiritus setiap kali mmemasak memang perlu dicoba sendiri. Kompor ini efektif digunakan untuk memasak air atau bahan makanan lain yang direbus, dikukus, atau dihangatkan. Sedangkan untuk penggunaan menggoreng, kompor parafin atau gas rasanya lebih baik kinerjanya.

http://bicycletouringpro.com/blog/how-to-make-your-own-working-camp-stove/

(804) view