Sabtu Ceria

Latihan pada hari Sabtu ini berbeda dengan latihan latihan reguler sebelumnya. Penggalang dan pembina mulai berkumpul di Sanggar pada pukul 08:00 WIB untuk bersiap siap dan kemudian berangkat ke Sabuga untuk berenang bersama.

Selesai berenang bersama mereka semua kembali ke sanggar dengan perut lapar dan mulailah memasak hotdog per regu …. sambil bersantap hotdog, para penggalang menikmati film “Facing the Giant”

Sabtu ini sangat berkesan bagi adik adik penggalang karena latihan yang berbeda dan dapat dinikmati bersama.

penggalang 19 - 20

penggalang 19 - 20

penggalang 19 - 20

penggalang 19 - 20

penggalang 19 - 20

penggalang 19 - 20

(17) view

Hiking ke Tahura

Latihan Sabtu hari ini cukup spesial bagi para Siaga 07019 dan 07020, karena mereka melakukan perjalanan khusus ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Dengan bantuan dari beberapa orang tua Siaga, ka Irene, ka Ely dan  ka Tony memulai perjalanan dari Sanggar menuju Tahura. 32 orang Siaga siap bermain, berpetualang dan bergembira bersama.

Para peserta memulai perjalanan ini dengan perasaan harap harap cemas (sebenarnya lebih para orang tua sih yang cemas, kalau anak anak Siaga pasti maunya hujan hujanan), karena hujan besar sudah menyelimuti kawasan Tahura. Akan tetapi semangat 19-20 tidak pernah surut hanya dikarenakan hujan. The show must go on !! Semesta pun bercerita lain, setibanya para Siaga di Tahura, sekitar pukul 14:35 WIB, hujan mulai mereda. Tampak wajah wajah ceria para siaga yang siap sedia melaksanakan permainan berburu Pokemon di Tahura

Acara dimulai dengan bermain bersama dan berfoto di depan patung Ir H. Djuanda, dilanjutkan dengan perjalanan ke Gua Jepang. Medan yg ditempuh bukan medan yang biasa, apalagi setelah hujan jalan menjadi lebih sulit dan penuh tantangan. Ada yang bertanya, hidup udah enak mengapa di buat susah?

Para peserta didik diberi tantangan agar mereka semua punya pengalaman. Dengan pengalaman tersebut kita semua berharap agar para peserta didik menjadi pribadi yg percaya diri, tangguh dan tidak mudah menyerah di masa yang akan datang.

Terima kasih untuk bapak ibu para orang tua yang bersedia mengantar dan menjemput, bermain bersama dan juga menjaga para Siaga 07019 – 07020

Siaga 07019 - 07020 Hiking ke Tahura




Photo credits: Ibu Heika, Ibu Yenni, Ka Ely dan ibu dari Gerald

 

(34) view

Galang Cita Paskah

Tanggal 25-26 April 2015 kemarin, kami penggalang Bandung 19-20 mengikuti acara Galang Cita Paskah yang diadakan oleh team TKK-MPK Keuskupan Bandung.

Untuk GCP tahun ini, karena pembina baru diberitahu beberapa hari sebelum pelaksanaan, kami, penggalang Bandung 19-20 tetap maju tak gentar untuk mengikuti acara. Pasukan 19-20 mengirimkan 11 orang yang terdiri dari 7 orang penggalang putra antara lain: Adit, Pandu, Fanuel, Marco, Rio, Sugi, dan Alfred dan 4 orang penggalang putri yang terdiri dari Talitha, Nadya, Monic, dan Marcel. Sedangkan pembina pendamping adalah Kak BA, Kak Augie, Kak Cynthia, dan Kak Ruby.
Kami berangkat pukul 06.00 WIB dari sanggar menuju lokasi yang bertempat di SD Talenta di Taman Kopo Indah. Setibanya di sana kurang lebih pukul 07.00 WIB, kami daftar ulang, lalu kami mendirikan basecamp kami.

fce231656554a8d5c34a73a45e8eb979

1f7d15e7731b64a2a42f5f41231392bd

2cfc5aace22995124b0c827ffc4766fc

Pukul 09.00 WIB, acara diawali dengan semacam parade pembuka. Di situ kami diminta untuk meneriakkan yell yell kami sambil berbaris. Dan saat itulah kami langsung terdiam bingung karena kami tidak menyiapkan yell khusus GCP sama sekali. Akhirnya karena kami meneriakkan yell ‘Akela’ sepanjang jalan. Kami sangat lega ketika kami tiba di lapangan dan kami tidak perlu berteriak teriak lagi.
Tiba saatnya kami harus meneriakkan yell kami di tengah lapangan di hadapan seluruh peserta GCP lainnya. Saat undian kami mendapatkan urutan ke-3 untuk yell, tapi entah mengapa, kami tampil pertama.
Adit memimpin akela dan kami kembali ke tempat. Yell 19-20 memang paling unik..
Sesudah kami, penggalang 1920 yell, acara dihentikan karena emua peserta harus makan siang. Selesai makan siang kegiatan yell diteruskan kembali oleh regu-regu lain.

637b993142656dfcfc04f3130af0604e

Kegiatan selanjutnya adalah wide games dengan 5 pos, dimana para peserta diuji kemampuan P3K, Sandi, ikatan, PBB dan beberapa permainan. Setelah itu selesailah acara hari itu, dilanjutkan dengan acara mandi tetapi ternyata di beberapa kamar mandi air tidak mengalir di kamar mandi. Acara selanjutnya adalah senam semaphore. acara ini adalah acara yang unik karena tidak pernah ada di Gudep Bandung 07019 dan 07020. Kami tidak mempersiapkan lagu apapun untuk acara senam semaphore ini. Akhirnya dengan bangga kami melakukan senam semaphore dengan menyanyikan lagu Mars Yos.

Acara selanjutnya adalah makan malam, dan dilanjutkan dengan atraksi api unggun sampai sekitar pukul 22:00 WIB dan seluruh peserta diminta beristirahat.

IMG_20150425_115857

Keesokan harinya kami dipaksa bangun pagi sekitar pukul 04.30 untuk menerbangkan lentera lentera yang telah dibuat panitia. Sepertinya ini acara malam yang terpaksa dipindahkan ke pagi hari karena sudah terlalu malam untuk dilaksanakan pada malam hari. Sungguh mengesalkan dipaksa bangun pagi tanpa tujuan yang jelas.

Setelah menerbangkan lentera kami melakukan senam pagi. dan dilanjutkan dengan makan pagi tanpa acara mandi pagi.

IMG_20150425_120934

Setelah makan pagi kami melakukan upacara penutupan dilanjutkan dengan beres beres untuk pulang ke sanggar masing-masing. Saya belum pernah mengikuti acara GCP sebelumnya, kesan saya dengan acara GCP ini sangat dipaksakan. Panitia tidak memiliki sistem yang benar sehingga acara terasa acak acakan dan tidak teratur. Semoga acara GCP selanjutnya menjadi lebih baik

IMG_20150425_120944

1d3b141f467f01238fef746be5dae7f8

938f9b3c710055600d584ff54e7e9b44

Talitha – Melati 07020

(125) view

Kursus Mahir Dasar – Minggu 4

Masih ingat KIM pendengaran? Kurang lebih begitulah cara menikmati video berikut ini.

Rekaman disajikan apa adanya. Karena keterbatasan kemampuan kamera, hanya tertangkap nyala api unggun saja. Jadi silakan bayangkan apa yang terjadi melalui suara yang terdengar. Anggap saja KIM pendengaran. 🙂

Untuk melengkapi, silakan lihat juga foto-foto kegiatan camping KMD 2013 berikut ini:

(343) view

Kursus mahir Dasar – Minggu 2

Walaupun terlambat liputan fotonya, mudah-mudahan tetap bisa menjadi dokumentasi salah satu rangkaian kegiatan penting di Gudep kita tercinta.

(276) view

Kursus Mahir Dasar – Minggu 1

Untuk pertama kali dalam sejarah, Bandung 19-20 mengadakan Kursus Mahir Dasar (KMD) yang digelar pagi tadi di Sanggar Bandung 19-20. Berita selengkapnya akan menyusul dalam minggu ini. Untuk sementara ini, silahkan baca featured news, liputan dari kakak-kakak redaksi Taman Pramuka (media online kwarcab Kota Bandung)

(522) view

Pertukangan

Latihan Sabtu tanggal 18 Mei 2013 memperkenalkan pasukan penggalang B 19-20 pada pertukangan. Percaya atau tidak, awalnya pertukangan ini akan diberikan dengan embel-embel ‘ringan’, dengan lingkup perbaikan kerusakan kecil pada alat-alat sehari-hari, atau bagian-bagian base, sanggar atau lainnya yang dirasa tidak terlalu rumit.

Ternyata rencana berubah, berkat dukungan Kak Will Dharma. Rencana awal yang berlingkup ‘ringan’ ternyata diperluas jadi lebih serius dalam hal ukuran dan peralatan. Yang tadinya perbaikan pada bagian-bagian peti base regu yang rusak, sekarang malah jadinya merakit LEMARI REGU!

Keputusan tersebut diambil setelah tim pembina (termasuk Kak Will) beberapa kali membahas rencana, dan diputuskan bahwa materinya adalah merakit lemari. Artinya bahan-bahan sudah disiapkan dalam ukuran sesuai rencananya, dan para penggalang tinggal mengikuti petunjuk untuk mendirikannya. Dan nyatalah, bahwa kegiatan ini dilahap penggalang dengan semangat, apalagi ada kesempatan mencoba menggunakan power tools untuk menghasilkan suatu barang yang berguna. Jadi bukan sekedar main-main, tetapi berlatih dan kemudian menerapkannya.

Untuk menambah semangat, kegiatan merakit lemari ini dilombakan antar regu. Regu terbaik menurut tim pembina akan menerima hadiah berupa seperangkat alat-alat pertukangan yang akan jadi milik regunya. Kali ini Regu Kijang yang berhasil mendapat predikat regu terkompak, karena dinilai bersemangat, pembagian kerja cukup efektif, dan hasilnya cukup memuaskan walaupun hanya bertiga saja.

Satu hal yang cukup membanggakan, ternyata penggalang putri tidak kalah antusiasnya dengan penggalang putra. Mereka menjajal multipleks, lem fox, mesin bor, mesin amplas, sekrup dan obeng seperti menjajal bumbu racikan dan bahan untuk Paella con pollo atau Arroz con leche di minggu sebelumnya. Semoga semangat seperti ini bisa selalu ditularkan ke keluarga besar Gudep B 19-20 dan orang-orang di sekitar kita.

Terima kasih untuk Kak Will Dharma yang sudah membawakan materi pertukangan, menyiapkan bahan dan alat, bahkan mengadakan juga hadiah (!) untuk regu terbaik dalam latihan pertukangan. Terima kasih juga kepada Paguyuban Pandu Adi yang selalu mendukung kegiatan Latihan Sabtu dan latihan-latihan kepramukaan Gudep kita.

VIVAT B 19-20!!!

(571) view

Cooking School

Walaupun postingnya terlambat, yang terpenting foto-fotonya bisa dipublish, dan semangatnya bisa tetap ditularkan.

(379) view

LT-1 2013, Minggu Ke-5

Sedianya minggu terakhir ini akan dilaksanakan dalam bentuk perkemahan Sabtu – Minggu. Tetapi karena satu dan lain hal, akhirnya dilaksanakan dalam bentuk simulasi perkemahan.

(279) view