Latihan Sabtu tanggal 18 Mei 2013 memperkenalkan pasukan penggalang B 19-20 pada pertukangan. Percaya atau tidak, awalnya pertukangan ini akan diberikan dengan embel-embel ‘ringan’, dengan lingkup perbaikan kerusakan kecil pada alat-alat sehari-hari, atau bagian-bagian base, sanggar atau lainnya yang dirasa tidak terlalu rumit.

Ternyata rencana berubah, berkat dukungan Kak Will Dharma. Rencana awal yang berlingkup ‘ringan’ ternyata diperluas jadi lebih serius dalam hal ukuran dan peralatan. Yang tadinya perbaikan pada bagian-bagian peti base regu yang rusak, sekarang malah jadinya merakit LEMARI REGU!

Keputusan tersebut diambil setelah tim pembina (termasuk Kak Will) beberapa kali membahas rencana, dan diputuskan bahwa materinya adalah merakit lemari. Artinya bahan-bahan sudah disiapkan dalam ukuran sesuai rencananya, dan para penggalang tinggal mengikuti petunjuk untuk mendirikannya. Dan nyatalah, bahwa kegiatan ini dilahap penggalang dengan semangat, apalagi ada kesempatan mencoba menggunakan power tools untuk menghasilkan suatu barang yang berguna. Jadi bukan sekedar main-main, tetapi berlatih dan kemudian menerapkannya.

Untuk menambah semangat, kegiatan merakit lemari ini dilombakan antar regu. Regu terbaik menurut tim pembina akan menerima hadiah berupa seperangkat alat-alat pertukangan yang akan jadi milik regunya. Kali ini Regu Kijang yang berhasil mendapat predikat regu terkompak, karena dinilai bersemangat, pembagian kerja cukup efektif, dan hasilnya cukup memuaskan walaupun hanya bertiga saja.

Satu hal yang cukup membanggakan, ternyata penggalang putri tidak kalah antusiasnya dengan penggalang putra. Mereka menjajal multipleks, lem fox, mesin bor, mesin amplas, sekrup dan obeng seperti menjajal bumbu racikan dan bahan untuk Paella con pollo atau Arroz con leche di minggu sebelumnya. Semoga semangat seperti ini bisa selalu ditularkan ke keluarga besar Gudep B 19-20 dan orang-orang di sekitar kita.

Terima kasih untuk Kak Will Dharma yang sudah membawakan materi pertukangan, menyiapkan bahan dan alat, bahkan mengadakan juga hadiah (!) untuk regu terbaik dalam latihan pertukangan. Terima kasih juga kepada Paguyuban Pandu Adi yang selalu mendukung kegiatan Latihan Sabtu dan latihan-latihan kepramukaan Gudep kita.

VIVAT B 19-20!!!

(681) view

Comments (1)

  1. Will Dharma

    Terima kasih kak BA dan kak Aje yang telah mem-posting kegiatan Pertukangan ini dan juga foto-foto yang menarik, saya sendiri salut dan turut semangat melihat adik-adik Penggalang kita yang begitu antusias dan cepat belajar dalam merakit dan membuat lemari regu-nya sendiri, walau baru pertama kali….hasilnya luuaaarrr…biasa..!! – Vivat YOS & Marthatia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.