Sabtu Ceria

Latihan pada hari Sabtu ini berbeda dengan latihan latihan reguler sebelumnya. Penggalang dan pembina mulai berkumpul di Sanggar pada pukul 08:00 WIB untuk bersiap siap dan kemudian berangkat ke Sabuga untuk berenang bersama.

Selesai berenang bersama mereka semua kembali ke sanggar dengan perut lapar dan mulailah memasak hotdog per regu …. sambil bersantap hotdog, para penggalang menikmati film “Facing the Giant”

Sabtu ini sangat berkesan bagi adik adik penggalang karena latihan yang berbeda dan dapat dinikmati bersama.

penggalang 19 - 20

penggalang 19 - 20

penggalang 19 - 20

penggalang 19 - 20

penggalang 19 - 20

penggalang 19 - 20

(30) view

Patung Odin

Odin
Patung Odin (since 1955)

Patung kayu itu dibuat oleh Jimmy Pefferkorn sewaktu Jamboree Nasional pertama di Pasar Minggu, Jakarta, tahun 1955. Jimmy adalah speurder (penegak) dari kelompok Pius XII.

Di paroki Katedral Bandung waktu itu ada kelompok Pandu Katolik : Tarcisius, Pius XII, dan Martin de Porres. Ketiganya mengirim perintis (penggalang putera) ke Jamboree tersebut dan membentuk satu pasukan di bawah Aalmoezenier Pastoor J. Berkhout OSC, yang bertindak sebagai Hopman, dan 4 pemimpin pasukan dari Martin de Porres ( Paul Wetik, Harry Ie, Louis Manupassa,dan Henry Pauw ) sebagai Vaandrig.

Satu regu speurders dari Tarcisius dan Pius XII, kira-kira 10 orang, ikut sebagai peninjau. Mereka ikut berkemah, tetapi tidak terlibat dalam kegiatan jamboree yang diutamakan bagi perintis, sehingga a.l. Jimmy mempunyai waktu luang untuk mengukir patung itu, yang saya ingat belum di-cat dan belum diberi nama. Jimmy sendiri kemudian ikut orang tuanya pindah ke Belanda.

Yang dapat ditanya mengenai jamboree tersebut adalah beberapa anak buah perintis dulu yang masih ada di Bandung, a.l. Peter Thio, Dr. Donny Koeswardono, Nelson Ie, dan Oekje Tong (Dr. Wuisan).

Salam Pandu (pramuka)

Paul Wetik

(301) view

Bandung 19 ditahun 1970an

Dari kiri ke kanan: 1. ? , 2. Reyno, 3. ? , 4. Yohan,  5. ?  , 6. Ella Seba (Pelatih Mahir 4 Nasional), 7. (bukan Kenung), 8. Dadi Pakar, 9. Joko, 10. ?  11. Mardi Hartanto (Tan Sing Giap), –  Bdg.27, bersama Hendro Pranoto (Lauw Tiong Hian) melakukan persuasi pada Reyno dan George The untuk memulai Bdg-19.

(387) view

Tebak Wajah Kesebelasan Bandung 19

Melanjuti posting dari Ka Toni Suparman tentang foto foto masa lalu (sepertinya ini foto yang pernah dikirimkan oleh Ka Hendra), ada quiz tebak wajah yang sempat dilontarkan ka Lulu dalam diskusi di milis. Silahkan di uji ketajaman otak dan daya ingat rekan rekan sekalian.

 

(245) view