WORLD SCOUT JAMBOREE 2002 – 2003

Acara hari ini yaitu Community Action Day (Bakti Sosial) & Indonesian Days. Makan pagi berupa Lunch Box harus sudah diambil pada jam 6 pagi dan jam 7 kita harus sudah berangkat ke Central Area. Jalan kaki ke Central Area +/- 20 menit dari sana kita dijemput Bus kecil ke Gate 9. Disana kita naik bus besar ke lokasi Bakti Sosial. Tugas kita yaitu memperbaiki sekolah SD.

Rombongan yang ke SD ini ada 3 bus, kita dibagi tugas sesuai regunya. Kita kebagian tugas mengecat tembok/ benteng SD bagian luar, karena memang yang belum dicat tinggal bagian luarnya saja, itupun sudah dicat sebagian. Panjang bidang yang harus dicat +/- 60 meteran dan tingginya 2 meteran, yang mengerjakannya 3 regu, yaitu dari kita Indonesia, Belgia dan Jerman (kalau tidak salah).

Setiap regu disuruh mengambil 1 galon cat dan beberapa alat untuk mencat. Kita bergiliran mengecatnya. Pertama sih kita mengeluh karena peralatan yang terbatas, sehingga tidak semua bisa mengecat, tapi rupanya panitia sudah memperhitungkannya. Karena panas dan juga bukan tukang cat original tentu saja kita cepat capai sehingga perlu istirahat. Peluh bercucuran dan badan belepotan cat, tidak menghalangi semangat kita untuk mencat. Lagi asyik asyiknya kita mencat, catnya habis. Panitia rupanya baru akan menyediakan kembali setelah kita makan siang, tapi karena kita semangat kerjanya maka sebelum makan siangpun catnya sudah habis. Jadi kita disuruh menunggu mereka membeli cat dulu, sambil disuguhi kelapa muda.
Wah, itu kepala muda yang namanya enak, bener bener “eu..nak tenan !”. Air kelapanya itu manis sekali rasanya (kaya yang dikasih gula dan pandan), dan mereka orang Thailand hanya meminum airnya saja isinya jarang dimakan. Maka dalam sekejap persediaan kelapa itu langsung bablas.

Sambil menunggu suplay cat , anak anak main sepak bola, sebelumnya juga ada yang main sepak bola dan basket tapi pada saat itu saya melarang anak anak saya untuk ikut main karena kita sedang kerja bakti, bukan mau main bola disana. (Saya tidak tahu mengapa mereka bisa main bola, sedangkan mereka ada tugas masing masing, apakah tidak dicegah oleh Pembina pendampingnya atau bagaimana, saya tidak tahu dan tidak bisa menegur mereka).

Setelah makan siang kita melanjutkan kembali kerja kita dan sebelum pulang kita sudah bisa menuntaskan tugas kita mengecat seluruh sisa tembok luar yang belum tercat itu. Dan catnya habis pisan, bener bener ludes. Bidang terakhir kita harus susah payah ngirit ngirit. Arif kebagian dicat mukanya oleh anak anak Belgia, pertamanya sih diantara mereka sendiri, tapi karena Arif dekat mereka maka dia kebagian juga. Yach namanya rejeki kali yach. 🙂

Dari lokasi itu kita pulang kembali ke Camp, anak KalTim sudah ditunggu untuk mengisi acara Indonesian Days. Lokasi Indonesian Days dekat dengan Central Area, tapi karena kostumnya tidak dibawa ke Bakti Sosial, maka mereka harus ambil dulu ke tenda dan balik lagi. Lumayan lama juga nunggu mereka ganti baju ( hampir 1 jam) .Kita sampai deg degan, acara dari KalTim ini sudah ditukar keacara paling akhir dan ketika semua acara sudah ditampilkan mereka masih belum datang juga. Akhirnya mereka datang juga dan bisa tampil.

Hari ini juga adalah hari kunjungan untuk Indonesia, tapi para visitor itu cuma diberi waktu sampai jam 16.00, jadi jam 15.30 mereka harus berangkat lagi menuju gate 9. Karena saya dari Bakti Sosial langsung ke lokasi Indonesian Days yg letaknya dekat dengan Head Quarter Indonesia, maka saya sempat bertemu dengan beberapa visitor, yaitu diantaranya Ka Kwarda Jabar beserta rombongan. Mereka sempat menanyakan pula kontingen Jabar lainnya dan menitip salam, karena tidak bisa ketemu mereka langsung. (regu dari SLTP 14 Bandung yg di camp D3, jadwalnya sama dengan kita yaitu acara Bakti Sosial ).

Kisah sedih regu dari SLTP 14 ini bukan hanya ini saja, mereka membutuhkan dana Rp. 7 juta/ orang untuk bisa ikut ke Thailand itupun melalui jalan darat (5 hari perjalanan). (Kita habis 6,5 jutaan/orang lewat udara). Ngga tahu bagaimana mengurusnya. Yang saya tahu mereka dibiayai oleh Pemda Jabar Rp 55 juta dan mereka masih kekurangan uang 10 juta untuk biaya pulang. (Untung pada saat akhir mereka bisa dapat tumpangan pulang dengan Hercules AU ke Bandung, kalau tidak?) Kemudian mereka tidak kebagian Voucher makan selama Jamboree, bayangkan sudah tidak punya uang tidak kebagian Voucher lagi, untungnya lagi (orang Indonesia banyak untungnya) teman teman secampnya membagi mereka Voucher. (katanya sih diambil oleh regu Indonesia yang datang duluan ke lokasi perkemahan mereka, kacau !)

Ok, kita balik lagi ke cerita Indonesian Days.
Regu putri kita kebagian untuk menjadi penerima tamu, mereka sibuk melayani dan membantu Kwarnas untuk acara ini. Dengan pakaian daerah dan bersama rekan rekannya yang lain dari Jakarta mereka kelihatan ceria sekali.
Indonesian Days sendiri adalah acara untuk mempromosikan Indonesia dengan cara mengundang Staff Kontingen negara lain, dimana pada acara ini kita menampilkan acara tari Poco Poco & tari Sajojo (yang mengajak para tamu untuk menari bersama), juga tarian dari Jateng & Kaltim, kita juga menghidangkan makanan khas kita yaitu Gado gado. Yang buat saya orang Indonesia juga sangat nikmat sekali waktu itu.
Malamnya kita acara bebas dan dalam rapat Troop Leader yang diadakan pada jam 8 malam ini, kita dibagikan Jamboree Award. Semua anak regu saya dapat dan saya dengar juga bahwa semua anak Indonesia dapat Award. Hidup Indonesia !

Cerita Iman:
8. COMMUNITY ACTION DAY
Acara ini merupakan acara kerja bakti. Waktu itu kami bekerja bakti membantu suatu sekolah yg sedang dalam tahap pembangunan. Kebetulan regu saya mendapatkan pekerjaan mengecat. Kami mencat tembok luar sekolah tersebut. Karena kuasnya terbatas maka kami mencatnya bergantian. Walaupun melelahkan tetapi pekerjaan ini cukup menarik sebab di situ terlihat solidaritas dari sesama pramuka bukan hanya dari Indonesia ternyata pramuka-pramuka lain pun ingin membantu menggantikan yg lainuntuk mengecat. Malah kebanyakan teman seregu kami justru bersantai dan tidak mengecat. Dan itu membuat saya sadar bahwa prmauka lai njustru lebih solidar dibanding temang seregu saya yang tidak memiliki rasa solidaritas yang hanya mau bersantai-santai dan bermain bola. Kami pun bermain bola tapi itu hanya pada waktu istirahat. Saya sempat kesal sama mereka sebab mereka hanya bersantai-santai dan tidak mau bekerja meskipun sudah ditegur pembina saya. Pada wkt itu yang benar-benar kerja hanya Arif, Sindhu, K Toni dan saya. Pada akhir acara mencat pramuka-pramuka lain bermain cat dan Arif pun kena rambutnya dan mukanya. Untungnya saya sedang istirahat sehingga saya tidak kena.

Cerita Arif:
Community A D Kita dikirim ke sekolahan. Tugasnya sih gak susah cuman suruh nge-cet tembok. Yah lumayan panjang sih tapi tengah-tengah cet-nya abis jadi kita maen bola dulu. Pas terakhir-terakhir, beres kan kerjaan tuh, ada bule jail, tiba-tiba saya di-cet belakang kepalanya, pas saya yang bawa roll-an cetnya, saya keluarin 2 roll, saya kejar, dia ngacir manggil temen-temennya, 5 lawan satu jelas aja siapa yang keok! (biasa chicken cuman beraninya rempugan!) Muka saya kena cet, yah untung ilang.

Cerita Rusi:
6 januari 2003
Acara kita hari ini Heritage. kita pergi ke kebun bunga,liat gajah,bikin keramik. tapi kita ga pergi krn diminta bantuan untuk Indonesian Day (ID). hari ini kita bantu2 kk untuk nyiapin acara ID. kita sempet maen dulu di stand ind. kita poco2 & sajojo dulu sama k rika(dokternya ind) cukup menarik juga krn byk orang yg mampir wkt kita lg nari2. trus kita ngajarin mrk juga! abis kita nari2 kita juga sempet bikin scarf dulu! caranya kita dikasih kaen putih yg ada lambang kontingen ind nya,trus kaennya kita iket2 trus dicelupin ke pewarna. pewarnanya khusus.(k kita coba sekali2 di sgr! menarik lho)trus jd deh scarf yg bermotif batik! bagus juga tuh!
di acara ID kita jd penerima tamu! kita hrs pake baju daerah. acaranya ada nari(kaltim,jatim,papua)trus ada poco2,sajojo bersama.Trus ada makanan khas in spt: gado2(indonesian salad:) ),kripik2,bandrek. acara ini bukan untuk umum. undangannya jg khusus. perwakilan dari tiap negara! rata2 mereka suka bgt sama gado2! sipppp! acara ini cuman kurang lbh 1 jam.krn ada negara lain juga yg akan pake tempat! abis itu kita foto2 deh!

abis acara ID kita free! kita pulang ke camp trus ngobrol2 sama anak2 thai! kita kan 1 pasukan sma mrk! biasalah pa iseng2 gt! kita jg belajar beberapa kata dlm bhs thailand! abis kita ngobrol2 kita ke scout shop! bareng sama anak thailand! trus kita sempet tuker2an badge sama orang jepang! di hari2 terakhir ky gini byk yg ngegelar badge2nya untuk ditukerin! ada arena khususnya! swappig area! badge bagus2 ada yg emang buat ditukerin ada yg cuman pemeran doang! asik deh

(215) view

Leave a Reply