WORLD SCOUT JAMBOREE 2002 – 2003

Free time and Thai Festival.

Acara pagi dan siang hari ini adalah acara free buat Sub Camp kami. Tapi pengurus Sub Camp membuat acara sendiri di subcamp yaitu Flag Parade, yang dilaksanakan pada pukul 8.30 pagi, setiap pasukan diminta mengirimkan 10 orang dengan pakaian seragam lengkap dan membawa bendera negara masing masing. Untuk acara ini disepakati regu dari Gontor yang akan mewakili pasukan kita, karena pada hari ini mereka juga sudah ada janji dg COC bagian Islamic Centrenya untuk kesana dg berseragam lengkap. Jadi sekalian hari ini acara formil formilan buat mereka. Rencananya Flag Parade ini akan dilakukan di Sub Camp dilanjutkan dengan berkeliling Camping area.

Buat yang tidak ikut, acaranya bener bener bebas. Tapi mereka diharuskan membuat kesan di selembar kertas kecil yang akan digantungkan di sebuah pohon kecil didekat Sub Camp office, dan ditulis dalam bahasa Inggris. Itu merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan Sub Camp sticker. Sub Camp sticker akan dibagikan nanti malam pada saat rapat Troop Leader. Karena malam hari ini akan diadakan Thai Festival , maka anak anak dilarang bermain bola dari mulai jam 4 sore ( biasanya jam segitu anak anak ramai main bola, dasar euweuh kacape, dan mainnya bagus bagus lagi ). Malah diharapkan partisipasinya pada jam itu untuk ikut “nyeboran/ ngepretan” lapangan supaya tidak terlalu berdebu untuk acara nanti malam.

Pada saat Free time ini saya manfaatkan untuk melengkapi koleksi Badge Jamboree saya, ada beberapa Badge kontingen negara tertentu yang susah di”pasaran Swapping”, sehingga mau tidak mau kita harus mendatangi Camp mereka.( Biasanya mereka kontingen kecil atau persediaan badgenya sedikit) dan yang paling saya cari yaitu Badge Jamboree Museum. Soalnya Badge ini sangat bagus dan
sebetulnya sangat mudah didapatkan. Asal kita datang ke Stand Jamboree Museum, mengisi Quisioner dan kita bisa dapat. (Menurut saya stand ini “wajib” didatangi oleh peserta Jamboree, karena “bagus”.) Tetapi ada masalah dengan saya ! Waktu saya mengunjungi Stand tersebut beberapa hari yang lalu, saya tidak diberi Badge, maklum pada hari itu pengunjung sangat membeludak dan pembina pendamping yang datang pada hari itu tidak diberi badge. Yach kita sih rakyat kecil, mau apalagi kalau tiba tiba aturannya dirubah mendadak. Nerimo saja.
Makanya hari ini saya datangin lagi dan akhirnya saya dapat juga Badge itu. Seharian muterin Camp camp, lumayan juga ada beberapa badge yang saya dapatkan.
Setiap ada kesempatan Free seperti ini saya juga gunakan untuk melihat dan mendatangi tempat tempat yang belum saya kunjungi/tidak ada dijadwal acara seperti Prayer Valley (Pusat Keagamaan), WOSM Exibition (Stand Stand negara negara peserta Jambore) atau mengunjungi Camp Putri kita (nengokin, walaupun ada pembina pendampingnya) dan ngumpulin badge di Swapping area.

Di Prayer Valley saya mengunjungi stand agama Katolik, disana saya diberi Scraf, badge dan gambar tempel dan petugasnya baik baik dan ramah. Saya yakin distand agama lainpun demikian.

Di WOSM Exibition, saya datangi semua stand negara negara itu, ada yang ramah ada yang cuek, macam macamlah. Maklum pramuka juga orang, kalau lagi moodnya jelek, pasti tidak menyenangkan. Disini saya mengumpulkan Stamp (Cap) setiap negara sambil mencoba untuk Swapping Badge mereka. Ada juga sih petugasnya yang mau tukeran, tetapi biasanya mereka menyarankan untuk Swapping dg peserta negara mereka di campnya. (Kebanyakan petugas di WOSM Exibition adalah Andalan Nasional negaranya). Yang paling ramai dikunjungi adalah Stand Amerika Serikat, karena mereka memberikan semacam Sertifikat yang berisikan nama kita dan dituliskan disana bahwa mereka adalah Peserta World Scout Jamboree (dalam huruf besar) yang telah mengunjungi Stand Amerika Serikat. Sertifikatnya kita bikin sendiri di computer dan bagus hasilnya. Jadi banyak yang ingin buat, soalnya peserta menganggap itu semacam sertifikat Jamboree. (Sertifikat Jamboree yang resmi aja kalah bagus ).
Karenanya Ngantrinya panjang sekali……, walaupun disana disediakan cukup banyak computer. Kalau mau bikin sertifikat harus ngorbanin waktu 2 jam, karena saya tidak punya cukup waktu maka saya tidak buat.

Hari ini hari Minggu ke 2 saya di Jamboree dan kesempatan ini saya gunakan juga untuk mengikuti misa, hari ini saya bisa mengikuti misa lengkap dengan semua anak didik (pa,pi kecuali Darwin). Tapi saya agak malu juga soalnya saya terlambat datangnya, soalnya saya harus makan dulu. Dan panitia sebelumnya sudah tahu saya akan datang (waktu saya nanya lokasi misa ke mereka). Anak anak sih tepat datangnya, soalnya informasinya sudah saya beri tahu ke mereka. Sampai sampai misa ditunda 5 menit nunggu saya, coba maluin engga. Untung cuma panitia dan anak anak yang tahu saya. Setelah misa kita potret bareng dengan pastor dan panitianya.
Anak anak putra masih mau maen di camp putri, jadi saya pulang dulu ke Camp untuk melihat pasukan / Thai Festival. Ternyata di tenda kosong melongpong , mereka bener bener tidak menyia nyiakan acara bebas hari ini. Jadi waktu Thai Festival dari Indonesia cuma saya sendiri, terakhir pak Bagio dari Kaltim ikut gabung itu juga acaranya mau udahan.

Acara Thai Festival sendiri sebetulnya cukup menarik, mereka mempertunjukkan tarian mereka ( semacam Jaipongan dan tari Lilin kita) dan kita semua diajak untuk ikut serta menari. Para penari mereka turun untuk mengajak penonton untuk ikut menari berkeliling, jadilah lingkaran tarian besar yang membawa lilin. Cara membawa lilinnya yaitu dengan diselipkan diantara jari dan selama menari tidak boleh mati. Jadilah saya “ngibing” muter muterran. Siapa takut ! 🙂

Jam 10 acara Troop Leader Meetting, disana dibagikan Sub Camp Sticker, setiap peserta mendapatkan 2 lembar sticker dan dibagi juga Sub-Camp Life Activity sticker (Salah satu Sticker yang merupakan syarat untuk mendapatkan Jamboree Award.)

(208) view

Leave a Reply