WORLD SCOUT JAMBOREE 2002 – 2003

KONDISI CAMP JAMBORE
Sebelumnya saya mau ceritakan mengenai “keadaan” Camp Jambore: Camp ini didirikan di tepi pantai/ daerah seluas 1.200 hektar, dimana yang dipakai untuk area Jambore “hanya” 500an hektar. ” Isi ” dari Camp ini terbagi atas 4 kelompok yaitu (1) Camp Village (Areal berkemah), (2) Common Area (Area Umum/ Service Area), (3) Activities Area & (4) World Scout Centre. Selain itu camp ini mempunyai Reservoir, Central Arena dan beberapa pintu masuk, tapi yang umum dipakai adalah Gate 6 & Gate 9.
Dibelah oleh jalan utama yang dinamakan Chaopraya Road.

ad.1. Camp Village :
Terbagi atas 4 Perkampungan Perkemahan yaitu Camp A,B,C & D. Setiap perkemahan berbentuk 1/2 lingkaran , dimana Village A bersatu dg B membentuk sebuah lingkaran , demikian juga C&D. Antara 2 lingkaran itu ada Activities Area : GDV, COS,COC. Diatasnya ada World Scout Centre, Prayer Valley, Central Arena dan Reservoir. Ditengah lingkaran ada (dua) Common Area.
(Bayangkan sebuah kue donat, lingkaran kosongnya adalah Common Area, dibagi 2 jadi setiap setengah lingkaran punya 1 common area dan 1 village)
-Setiap Village/Camp dibagi dalam 6 Sub Camp, yaitu A1 sd A6 ,B1 sd B6, C1 sd C6 & D1 sd D6 . (jadi satu kue donat dibagi 12 potong berbentuk ” kerucut 1 dimensi”).
-Setiap Sub Camp diisi 15- 18 pasukan yang tiap pasukannya beranggotakan 40 orang, jadi 1 Sub Camp rata rata beranggotakan 650 orang peserta. (Total yang ikut Jamboree 17.000 – 19.000 orang)
– Isi setiap Sub Camp (kerucut; dari pintu masuk, makin membesar ke belakang) adalah: (Kiri) Chief of Sub Camp Tent, Sub Camp Office, Camp Meeting Tent, (kanan) Toilet and Shower, 2 “Toren” air minum, (didepan) Arbour , Stage& Area, (di belakang) Troop Area (1 sd 18), dan terakhir dibagian belakang sekali Camp Equipment dan Garbage Bin.
-Di Sub Camp saya B-3: Baffin Bay diisi oleh pasukan dari Indonesia, Belgium, Italy, Japan, Denmark, Mexico, Eurasia, Switzerland, 3 pasukan UK & 5 pasukan Thailand.

Ad.2. Common Area :
Isinya: Sawadde Centre, Supermarket, Toilet, Clinic&SAPO, Telephone, Village Office, Internet & Post Office, Bank, Photo, Laundry dan Free Time Activities arena. Semua Village punya Common Area seperti ini , hanya tata letak dan “kelengkapannya” yg berbeda. Supermarket yang paling “laku”, karena ber AC. 🙂

ad.3.Activities Area :
Yaitu areal/kompleks: Face the waves (pantai), GDV, COS, COC, Tournament & Prayer Valley.

ad.4.World Scout Centre, dll
Di World Scout Centre didirikan tenda tenda besar untuk Kontingen Head Quarter setiap negara (WOSM exibition), World Scout Museum, World Scout Jamboree Shop, International Press Centre, WSJ office, WOSM office, dll

Di Camp juga ada 2 Bicycle Rental, Jamhotel (khusus IST & Staff Kontingen), 2 Cafetaria (khusus IST & SK) & IST Village.

…..lanjutan cerita …..
Sabtu, 28 Des 2002 malam, Opening Ceremony.
Oh, iya ada yang kelupaan yaitu sebelum acara Opening Ceremony dengan semua peserta Jamboree di Central Arena, di Sub Camp pun diadakan Sub Camp Opening Ceremony. Waktunya yaitu sore hari jam 5an. Semua anggota Sub Camp kumpul di sekitar “stage” Sub Camp.
Putra Yos akhirnya menempati Sub Camp B 3 : Baffin Bay dan putri di D 1 :Caribbean Sea. Setiap peserta diberi/harus memakai Setangan leher (hijau u/ Penggalang, Orange u/BinDamping, Merah u/ IST, biru untuk Staff Kontingen, putih u/ Special Guess dan abu abu untuk Thai Crew) , ID Card dan “peneng” berupa gelang tangan seperti di RS yang tidak bisa dibuka dan warnanya disesuaikan dg Sub Campnya (putra (B3) ungu, putri (D1) kuning). Juga diberi Hand book yang berbeda untuk BinDamping dan Peserta (yang peserta ada kolom Aktivity, yang setiap melakukan suatu aktivities akan diberi STIKER tanda ikut serta kegiatan, apabila peserta bisa/telah mengikuti 90 % semua aktivities maka dia akan mendapatkan JAMBOREE AWARD.).

Jam 7.30 kita kita disuruh berbaris dg seragam lengkap menuju Central Arena, semua berkumpul di depan stage, dari Sub Camp ke Central Arena makan waktu 1/2 jaman. Pasukan kita berbaris sambil bernyanyi, tentunya lagunya anak Gontor & KalTim, tapi karena mereka sudah sering menyanyikannya maka anak- anak sepasukan sudah bisa ngikutin. Kontingen lainnya juga jadi tidak mau kalah, mereka jadi ikut menyanyikan lagu/yel mereka , wah jadi seru. Begitu di jalan utama ketemu rombongan dari Sub Camp lain mereka juga ikut ikutan. Jadilah perjalan ke Central Arena tidak terasa dan menggembirakan. Lautan manusia berjalan searah menuju ke Central Arena. Jalan penuh sesak oleh orang orang dan barisan jadinya tidak rapi lagi, tapi kita tetap mencoba untuk berkelompok terus. Untunglah begitu mau memasuki Central Arena ada petugas security (IST) yg memegang poster dengan tulisan/no Sub Camp sehingga bisa dirapikan dan menunggu acara dimulai. Semua peserta disuruh duduk sesuai pasukan dan Sub Camp masing masing. Tetapi karena lama menunggu dan suasana begitu meriah maka peserta banyak yg tidak tahan untuk tetap duduk diam. Banyak yang berfoto ria dan berkenalan. Semua larut dalam kegembiraan. Petugas security sibuk terus menertibkan barisan, tapi tetap saja peserta sibuk berfoto ria. (Termasuk saya) :). Securitynya tidak (bisa) marah, karena mereka dari pertama datang sudah diberi tahu, bahwa tugas mereka adalah untuk men”servis” peserta. Malah banyak dari mereka turut berfoto ria dg peserta.
Begitu Raja Thailand mau datang, barulah barisan benar benar ditertibkan. Semua dilarang untuk berkeliaran lagi. Tapi setelah raja memberikan sambutan dan acara hiburan dimulai maka suasana “meriah” kembali. Untuk suatu acara yang dihadiri 17.000 – 19.000 orang, maka boleh dibilang itu sih masih tertib terkendali.
Acara hiburannya yaitu antara lain : Parade bendera kontingen, Paduan suara Lagu Jambore, Tarian Kick Boxing Massal, dll.
Setelah raja meninggalkan acara, maka acara hiburan dilanjutkan sebentar lagi , kemudian semua perlahan lahan membubarkan diri. Kali ini semua pulang sendiri sendiri. (Kita tetap bersama ). Pulangnya juga berduyun duyun, jalan penuh lagi dengan lautan manusia yang kembali kearena perkemahan.
Malam ini tidur enak sekali, mungkin karena cape dan semua berjalan baik pada hari ini.

Besok adalah hari pertama aktivitas, dimana acara untuk besok adalah pagi: Tournament, siang: City of Sience dan malam adalah Passport to World.

……to be continue……..

(177) view

Leave a Reply