WORLD SCOUT JAMBOREE 2002 – 2003

Pagi sudah bangun, badan sudah agak kuat. Saya mencoba mencari informasi yang benar. Bersama ka Bagio, saya jalan ke Kontingen Head Quarter (4 KM), untung bisa langsung ketemu sama Staff Kontingen yang bisa memberikan posisi kita yang benar yaitu benar di B3. Saya mau meledak, tapi untung masih bisa kontrol. Akhirnya saya “maafkan” saja. Saya mencoba mencheck dulu kesana (4 KM lagi). Setelah di check dengan Sub Camp Officernya, memang ternyata nama kita ada disana. (terdaftar nama setiap peserta, jadi kita tidak bisa sembarangan tinggal). Seharusnya informasi ini sudah kita ketahui sebelumnya, saya tidak tahu bagaimana mereka (Staff Kontingen) mengurusnya ! (Selanjutnya saya mengurus sendiri semua keperluan, langsung dg Panitia World Jamboree (Sub Camp Office)). Saya dan pak Bagio kembali lagi ke D5 (6 KM an) dengan membawa 1 lori. Dengan 3 kali angkut semua barang bisa kita pindahkan ke B3. Pada kesempatan nungguin barang dibawain ke B3 , Sindhu bilang bahwa kita bisa nyewa sepeda. Apa? nyewa sepeda? Kalau melihat luasnya Camping Area yang jarak dari satu tempat ke tempat lain yang harus ber KM- KM, sarana ini harus dipergunakan ! “Kamu tahu tempatnya , Sin ?”, “Tahu, dibelakang D1″ katanya , ” Bagus, kamu pinjamin deh, nih uang 1000 bath, bawa ! “. Dalam waktu relatif singkat Sindhu membawa sepeda. Wah, seneng deh, semangat timbul lagi ! Begitu dia keluarin bonnya, alamak….. 80 USD ?.
“Sin, berapa ?”. “Pake uang saya dulu kak 2200”. Ternyata bener bener 3200 bath. Engga tahu gimana ngitungnya 80 USD= 3200 bath. Disana kurs 1 bath = Rp.300,- jadi kalau dihitung ke rupiah Rp.960.000,-. Kalau dihitung kurs di Indonesia 1 bath = Rp. 220 jadi Rp. 704.000,-.
Mau gimana lagi, soalnya sudah dipinjam. Tapi pilihan ini tidak salah. Karena sangat membantu mobilitas saya. Cuman yach itu , mahalnya itu … ngga ketulungan ! Biarlah….. sedikit borju! Langsung dengan sepeda saya ke Head Quarter lagi ngambil Tenda. Jam 2 siang akhirnya anak anak selesai mendirikan tenda dan saya selesai mengurus Voucher makanan mereka. (Anak- anak = 2 regu, regu 3 & 4 Pas 5). Langsung kita ke supermarket, buat makan! Dari kemarin, sekarang baru sempat makan!. Nikmatnya ke super market, bisa makan dan ber AC, tanpa malu malu kita langsung makan di Super market ngga keluar dulu. Setelah makan barulah semangat kita pulih lagi. Pulangnya kita dirikan gapura bareng anak Gontor.
Oh, iya setiap anak mendapatkan Voucher senilai +/- 1500 bath, itu sebenarnya untuk jatah 22 kali makan. tetapi karena kita sudah ketinggalan 5 kali makan maka bisa dianggap setiap kali makan kita punya jatah 100 bath. Cukup besar karena kalau beli makanan jadi di super market: 1 nasi dg sayur daging = 35- 45 bath, coca cola kaleng = 15 bath total maks 60 bath. Disamping kita harus beli sendiri ke super market, kita juga punya jatah lunch box sebanyak 12 kali ,total = 34 kali jatah makan selama event berlangsung. Tidak terasa hari sudah mulai malam, kita mandi dan mengambil jatah lunch box kita, ganti seragam siap siap untuk acara “Opening Ceremony” yang jadwalnya jam 8.

terusannya :……. “Opening Ceremony”

(136) view

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.