WORLD SCOUT JAMBOREE 2002 – 2003

Hari ini adalah acara Exploring Nature. Yaitu acara semacam Hiking ke gunung. Dibagi dalam 2 kategori yaitu Moderate and Difficult. Untuk acara ini kita sudah sepakat tidak usah ambil yang Difficult tapi ambil yang moderate saja, mengingat kondisi kita yang tidak begitu baik (Cape dan kurang tidur) dan juga menjaga kondisi tubuh kita. Ada 12 hiking rote, jaraknya dari 4 Km sampai 12 Km. Kondisi medan mempengaruhi jarak, jadi makin “gila” medannya makin kecil jaraknya. Tapi pada akhirnya memakan waktu yang relatif sama. (3-4 jam perjalanan). Saya mengambil keputusan untuk mengambil medan yang sedang, dimana jaraknya + 8 km. (flat ground, 2 hills). Kita disuruh untuk kumpul di West Parking Area jam 7.45 dan dari sana kita dibawa oleh bus ke hiking area. Perjalanan ke hiking area cukup lama juga memakan waktu + 1.5 jam.

Sesampainya disana kita disuruh berkumpul. Dari titik start ini ada + 10 regu. Setiap regu diberi pinjam 1 buah kompas, 1 lembar peta contour, 1 lembar kertas petunjuk (+ 250 titik :arah, jarak,keterangan). Semacam keterangan untuk peta pita. Setiap regu mempunyai route yang berbeda, walaupun titik finisnya sama. + jam 10 kita mulai start, kita bagi tugas 1 orang membacakan arah dan jarak, 1 orang membidik, 1 orang menjadi pionir ( mencari titik petunjuk), sementara yang lain mengikuti dan 1 orang menyisir dari belakang. Medannya cukup menantang, karena kita benar benar menerabas hutan, bukan jalan dijalan setapak. Untungnya jarak dari satu titik kesatu titik yang lainnya tidak begitu jauh hanya dalam jarak puluh meteran saja, sehingga kita bisa tetap kontak dari satu titik ke titik yg lain, walaupun teriak teriak.
Misalnya si pembaca membacakan arah 40 derajat dan jarak 50 meter, si pembidik membidik dan si pionir lari kesana untuk mencari petunjuk, apabila sudah ditemukan kita mulai lagi melakukan hal yang sama. Disetiap tanda jejak ada nomor regu kita jadi apabila salah,maka tidak ada nomor kita disana. Menyenangkan dan menantang sekali sebetulnya, sayangnya tidak semua anak kebagian tugas itu, sehingga yang tidak kebagian bosan. Apalagi ada sebuah titik yang menyesatkan (salah cetak), seharusnya 140 derajat tertulis 40 derajat dan kebetulan ada nomor kita disana sehingga cukup mengacaukan. Untung kita bertindak cepat dan kembali lagi ke titik titik sebelumnya, karena derajat ini salah kita cukup kebingungan mengambil arah, akhirnya diambil arah 140 derajat, karena sebelumnya kita berbarengan dengan regu 3, dan dititik itu kita pisah. Setelah itu kita bergabung lagi dengan regu 3 dan melanjutkan perjalanan bersama. Sebetulnya ransel yang kita bawa tidak begitu berat, isinya hanya lunch box, baju ganti, botol minum dan ponco, tetapi karena mungkin medannya cukup menantang, jadi kerasa juga capenya. Selama perjalanan ada beberapa pos yang dijaga oleh panitia, disalah satu pos kita disuruh berhenti untuk makan siang. Setelah itu kita melanjutkan perjalanan lagi. Jam 1 siang kita sudah sampai di titik Finish. Dan merupakan regu ke 2 yang sampai. (regu pertama dari Thailand). Regu regu yang lain menyusul berdatangan. Tapi ada satu regu yaitu dari Amerika yang tidak muncul muncul, dikabarkan mereka tersesat masuk ke gunung sebelah. Sesuai ketentuan kita tidak akan meninggalkan lokasi sampai semua regu lengkap. Maka kita menunggu regu itu sampai 3 jam lebih. Untung saya bawa snack/persediaan makanan yang cukup banyak sehingga bisa buat ganjal seregu selama menunggu. Anak anak minta supaya saya menanyakan ke panitia. Saya tanyakan dan jawaban panitia cukup membuat saya dan juga anak anak menjadi lebih sabar menunggu & menahan diri. ” You maybe boring wait here, but you must know they are in difficult there!”. Nah lho ! Kena engga? Apalagi disampaikan dengan simpati, tentu saja membuat saya “KO”. Setelah saya sampaikan dan jelaskan ke anak anak, maka tidak ada yang ngomel lagi dan lebih sabar menunggu. Akhirnya dikhabarkan telah ditemukan dan diantar ketitik finish terdekat, sehingga kita tidak perlu menunggu lagi. (Itu mungkin karena arogansi mereka juga, terlalu memandang enteng medan dan tidak mengikuti prosedur dengan benar).(Hal itu saya tahu karena waktu milih, mereka milih yang difficult). Yach tapi kita ikut prihatin juga lah.
Sore sekali kita baru sampai di Camp lagi. Dan karena acara malam ini free, maka malam ini anak anak dibebaskan untuk acara masing masing. Tapi tidak untuk para pembina pendamping, rapat, rapat and rapat lagi ! (Jadwal rapat jam 17 di sub camp untuk activity , jam 20 di head Quarter & jam 22 patrol leader di sub camp).

(159) view

Leave a Reply