Berita Duka: Bpk.Samuel Resok

Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga, Bpk.Samuel Resok (Guru olah raga SMU Aloysius) pada usia 67 tahun. Ayahanda dari Helsa Wilmina (Eca) hari Rabu, 23 Februari 2011, pukul: 18.45. Akan disemayamkam di Rumah Duka Bumi Baru 2. Mohon dukungan Doa bagi keluarga yang ditinggalkan. Terimakasih. GBU.

(190) view

Koperasi Paguyuban Pandu Adi

Teman-teman Pandu Adi B19 – Salam Tiga Jari…!!

Latar belakang
Pertemuan historis Pandu Adi B19 tanggal 2-3 Oktober 2010 di Palm Hills, Cikareteg, Ciawi, Bogor, dihadiri oleh para pendiri Gerakan Pramuka Bandung 19 yang saat itu sekitar tahun 1959 ingin melanjutkan nilai-nilai Kepanduan, a.l. Kanda Reyno, Kanda George, Bunda Irene, Kanda Liem dan Kanda A.P. Jiwatampu (kedua Kanda terakhir berhalangan karena sedang di LN). Nilai-nilai kepanduan itulah yang menjadi sumber inspirasi di dalam melatih anak-anak didik Bandung 19 dari tahun angkatan ke angkatan berikutnya yang secara alamiah bergantian dari anak didik menjadi pelatih.

Contoh kecil VALUES atau nilai-nilai dari Bandung 19 adalah salam 3 jari yang selalu muncul disetiap email yang ada di milis scouting B19 dan kesetiakawanan sebagai bentuk kepedulian terhadap kehidupan sosial sesama para pandu adi. Kepedulian sosial ini yang mendasari terbentuknya organisasi Paguyuban Pandu Adi/PPA. Untuk bisa menggerakkan roda organisasi PPA, dibutuhkan wadah sederhana yang secara yuridis diterima keberadaannya di Negara kita ini dikenal sebagai Koperasi. Gagasan Koperasi sudah lama dimunculkan dalam milis B19 maupun melalui facebook Koperasi Paguyuban Pandu Adi B19 dan sudah sekitar 130 orang yang berminat untuk ikut serta menjadi anggota Koperasi B19. Kanda George telah mendeklarasikan terbentuknya Koperasi B19 pada tanggal 2-3 Oktober 2010 yang lalu di Cikareteg dengan susunan formatur seperti di bawah ini hingga terbentuknya pengurus resmi dari Koperasi B19:

1. Ketua : Dedi Rachardi Rachman
2. Wakil Ketua : Hariman Otje
3. Sekretaris : Omar Samuel Ichwan Ratulangie
4. Bendahara : Bambang Suprihadi

Koperasi B19 dapat mensinergikan potensi-potensi yang dimiliki para Pandu Adi yang telah menyebar di berbagai bidang kehidupan, pekerjaan, aktifitas baik bisnis maupun sosial dan yang mempunyai skill, pengetahuan, networking, asset dll. Artinya Koperasi B19 tidak selalu berarti bertindak sebagai pelaku ekonomi secara riil tetapi dapat bertindak hanya sebagai wadah tempat bertemunya atau transaksi para Pandu Adi dan dalam hal ini Koperasi akan menerima komisi saja. Jumlah Anggota Pandu Adi yang telah terkumpul oleh Kak Will Dharma lebih dari 400 orang yang tersebar di seluruh dunia dengan kondisi ekonomi yang bervariasi.

Dalam kesempatan ini, kami mengajak teman-teman Pandu Adi untuk bersama-sama merealisasikan pendirian Koperasi B19 ini .

Action Plan/Program
1 Untuk satu bulan kedepan, kita akan mecanangkan kegiatan pendaftaran anggota dengan mengisi formulir pendaftaran yang nanti akan disebarkan kepada Para anggota baik melalui milis B19 maupun melalui teman-teman per-angkatan yang bersedia membantu mendistribusikannya. Untuk Pendaftaran anggota setiap anggota akan :

a. membayar simpanan pokok sebesar Rp 250.000,-
b. membayar simpanan wajib/ bulan sebesar Rp 50.000 ,-
Untuk penyetorannya ditransfer ke rekening sementara PPA di Bank BCA-Capem Bintaro 3, Tangerang atas nama Bambang Suprihadi Nomor Rekening: 474-100-672-8.

Disarankan untuk simpanan wajibnya bisa dibayarkan minimal 6 bulan kedepan sekaligus untuk mempermudah administrasinya. Bila sudah di transfer mohon kirim SMS untuk konfirmasi transfer dan jumlahnya yang ditransfer ke Kak Bambang Suprihadi di No : 0811144189 atau 0217114460.

2 Atas dikirimnya simpanan pokok maupun simpanan wajib Koperasi B19 ini, pengurus akan menerbitkan Member Card, Kartu Anggota Koperasi B19. Dan Pengurus akan mengefektifkan keanggotaan Koperasi B19 dengan lembaga keuangan formal yang sudah beroperasi di Indonesia.

3 Dengan menganut falsafah Organisasi berkembang, saat ini kami belum akan menentukan basis kota Koperasi B19 akan didaftarkan. Namun jenis Koperasi yang akan dijalankan adalah Koperasi Serba Usaha atau Aneka Usaha.

4 Bagi para Pandu Adi yang bersedia menjadi Pengurus Koperasi di wilayahnya masing masing nantinya perlu diberikan penyuluhan atau pendidikan terlebih dahulu untuk memahami maksud dan tujuan pendirian koperasi, untuk itu dapat meminta bantuan kepada Dinas Koperasi dan UKM ataupun lembaga pendidikan koperasi lainnya untuk memberikan penyuluhan dan pendidikan serta pelatihan mengenai pengertian, maksud, tujuan, struktur organisasi, manajemen, prinsip-prinsip koperasi, dan prospek pengembangan koperasi. Kami mengundang bagi teman-teman Pandu Adi sudah berpengalaman dalam menjalankan Koperasi, silahkan mulai dari sekarang menyiapkan diri untuk membagi pengetahuannya dan keahlian dengan teman-teman Pandu Adi yang akan duduk dalam pengurus Koperasi.

5 Sebagai bahan kajian awal bagi teman-teman Pandu Adi, kami sampaikan disini Draft Anggaran Dasar Koperasi dan Prosedur Pendirian Koperasi. Dari 2 dokumen tersebut dapat terlihat apa yang harus disiapkan dan apa yang akan kita kerjakan kedepan.

Kami menerima dengan senang hati, setiap masukkan maupun usulan yang dapat meningkatkan performance dari pada Koperasi B19 ini.

STJ/ Dedi R. Rachman

(386) view