Petugas Keamanan Malam Gembira SD

Kamis, 12 Feb 2004 sd Sabtu, 14 Feb 2004
Acara Malam Gembira (MG) SD St. Aloysius, diadakan di aula sekolah St.Aloysius-Sultan Agung. Pada tahun ini giliran SD (St.Yusuf) St.Aloysius Sukajadi. Seperti biasa, kita Pramuka St.Aloysius Teritorial mendapat tugas menjaga keamanan acara ini. Pasukan yang kita kerahkan berjumlah sekitar 20 orang, yg terdiri dari berbagai satuan yaitu Pembina, Penegak dan Penggalang.
Kita menyebar dalam 5 pos penjagaan yaitu; Pos 1- Pintu Gerbang jl.Sultan Agung, Pos 2- Pintu Gerbang Lapangan Sepak Bola, Pos 3- Pintu samping Aula, Pos 4- Pintu Gerbang jl.Trunojoyo, Pos 5- Aula
Selain itu sebelum acara dimulai kita juga mengamankan pintu gerbang lapangan basket.
Tugas tugas di setiap pos hampir sama yaitu menjaga penonton/ortu yg tidak mempunyai tiket menerobos masuk atau keluar masuk sembarangan. Ada tambahan tugas lain utk petugas didalam aula yaitu membantu menyobek karcis dan tugas unik lainnya di pos 4 yaitu mencari anak/pemain yang dijemput.
Tugas di pos 4 ini yg paling berat, selain harus teriak teriak memanggil manggil nama anak dikerumunan pemain yg tersebar di SD (belakang aula)+ lapangan basket, juga menghadapi orang tua/ penjemput yg susah diatur, ngotot ingin masuk dan marah marah. Sehingga sering terjadi petugas jadi sasaran kemarahan mereka. Untuk tahun ini persentase “insiden” spt itu sudah sangat jauh berkurang, soalnya kita belajar dari pengalaman tahun tahun sebelumnya.
Kegiatan ini sepertinya rutin menjadi “jatah” kita, dan bagus untuk pengembangan karakter setiap personil yg ikut terlibat didalamnya.
Melatih kesabaran, belajar berkomunikasi dg baik, belajar berani, bersosialisasi, perhatian terhadap anak (adik), kerjasama dan banyak manfaat lainnya.

Bandung, Feb 04
Toni S

(233) view

Leave a Reply