Teman-teman Pandu Adi B19 – Salam Tiga Jari…!!

Rupanya sambutan terhadap kehadiran Koperasi Pandu Adi B19 ini sangat baik, dan sampai saat ini semakin banyak teman-teman B19, yang sudah mengetahui azas manfaat koperasi ini, telah bergabung didalam Koperasi Pandu Adi B19.

Bagi teman-teman yang belum sempat mendaftarkan diri, bersama ini kembali saya mengingatkan dan mengundang teman-teman, agar tidak melewatkan peluang emas ini dan dapat segera ‘memetik manfaat’ dengan bergabung dan bersinergy didalam Koperasi PPA B19

Bak’ pepatah: “Tak kenal maka tak sayang”….perlu kiranya saya jelaskan apa saja keuntungan atau manfaat yang bisa kita dapat melalui Koperasi Pandu Adi B19 ini.

“Keuntungan / manfaat yang dapat kita peroleh bila bergabung dengan Koperasi PPA-B19”

1. Kita dapat tergabung dalam sebuah jaringan database keluarga b19-20 yang besar, yang mempunyai integritas dan dedikasi kepada sesama alma’mater pramuka b19-20, dan mempunyai potensi global network diseluruh dunia.

2. Sebagai lahan promosi: nama kita, jenis usaha, produk maupun jasa yang kita miliki dapat dikenal oleh banyak rekan-rekan keluarga b-19/20

3. Kita dapat mempunyai peluang dalam mengembangkan usaha yang kita miliki melalui kemitraan didalam koperasi ppa-b19, sifatnya “supply and demand”

4. Kita bisa mendapatkan pesanan (order) atas produk / jasa yang kita miliki, baik untuk keperluan pribadi rekan b19 yang membutuhkan, maupun untuk keperluan kantornya, ataupun untuk dipasarkan kepada pihak lain.

5. Kita bisa mendapatkan keuntungan dengan berperan sebagai ‘bagian pemasaran’ / ‘sales’ / ‘marketing’, atau sebagai ‘side-job’ / ‘bisnis sampingan’ dari produk atau jasa yang dimiliki oleh sesama rekan pandu adi yang telah tergabung dalam koperasi ppa b19

6. Kita bisa mendapatkan pekerjaan atas keahlian atau fasilitas yang kita miliki

7. Kita bisa mendapatkan konsultasi gratis, bagaimana membangun sebuah bisnis baru, dari para pakar / profesional yang telah tergabung dan menjadi anggota dikoperasi ppa b-19 ini, sesuai bidangnya

8. Kita bisa mendapatkan informasi gratis, peluang-peluang bisnis apa saja yang sedang baik saat ini, dan yang memungkinkan untuk kita jalankan

9. Kita bisa mendapatkan penyuluhan dengan biaya minimum dalam membina usaha yang akan / sedang kita lakukan, dari rekan2 alma’mater yang telah bergabung didalam koperasi ppa-b19 ini

10. Kita bisa mendapatkan deviden yang besarnya diperoleh dari besarnya keuntungan bersih (diluar pajak dan kewajiban lainnya) yang diperoleh koperasi melalui aktifitas maupun kegiatannya, untuk masa keanggotaan sedikitnya selama 3 tahun

11. Kita bisa mendapatkan pinjaman modal kerja dengan bunga ringan, dengan syarat dan ketentuan yang akan ditetapkan kemudian

12. Dampak sosial:

A. Kita mempunyai kesempatan untuk membantu sesama rekan b19-20 yang mengalami hambatan dalam kesehatan atau ekonomi

B. Kita mempunyai kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi siapa saja

13. Dan manfaat-manfaat lainnya yang akan terus bertambah, seiring dengan terus berkembangnya aktifitas-kegiatan koperasi ppa b19 dimasa datang.

Dan bagi teman-teman yang baru bergabung dengan millis Pramuka B19-20 ini, ataupun bagi teman-teman yang baru sempat membaca informasi Koperasi ini, saya paparkan kembali informasi terdahulu sebagai berikut:

LATAR BELAKANG

Pertemuan historis Pandu Adi B19 tanggal 2-3 Oktober 2010 di PALM HILLS, Cikareteg, Ciawi, Bogor, dihadiri oleh para pendiri Gerakan Pramuka Bandung 19 yang saat itu sekitar tahun 1959 ingin melanjutkan nilai-nilai Kepanduan, a.l. Kanda Reyno, Kanda George, Bunda Irene, Kanda Liem dan Kanda A.P. Jiwatampu (kedua Kanda terakhir berhalangan karena sedang di LN). Nilai-nilai kepanduan itulah yang menjadi sumber inpirasi di dalam melatih anak-anak didik Bandung 19 dari tahun angkatan ke angkatan berikutnya yang secara alamiah bergantian dari anak didik menjadi pelatih. Contoh kecil VALUES atau nilai-nilai dari Bandung 19 adalah salam 3 jari yang selalu muncul disetiap email yang ada di milis scouting B19 dan kesetiakawanan sebagai bentuk kepedulian terhadap kehidupan sosial sesama para pandu adi. Kepedulian sosial ini yang mendasari terbentuknya organisasi Paguyuban Pandu Adi/PPA. Untuk bisa menggerakkan roda organisasi PPA, dibutuhkan wadah sederhana yang secara yuridis diterima keberadaannya di Negara kita ini dikenal sebagai Koperasi. Gagasan Koperasi sudah lama dimunculkan dalam milis B19 maupun melalui facebook Koperasi Paguyuban Pandu Adi B19 dan sudah sekitar 130 orang yang berminat untuk ikut serta menjadi anggota Koperasi B19. Kanda George telah mendeklarasikan terbentuknya Koperasi B19 pada tanggal 2-3 Oktober 2010 yang lalu di Cikareteg dengan susunan formatur seperti di bawah ini hingga terbentuknya pengurus resmi dari Koperasi B19:

1. Ketua : Dedi Rachardi Rachman

2. Wakil Ketua : Hariman Otje

3. Sekretaris : Omar Samuel Ichwan Ratulangie

4. Bendahara : Bambang Suprihadi

Koperasi B19 dapat mensinergikan potensi-potensi yang dimiliki para Pandu Adi yang telah menyebar di berbagai bidang kehidupan, pekerjaan, aktifitas baik bisnis maupun sosial dan yang mempunyai skill, pengetahuan, networking, asset dll. Artinya Koperasi B19 tidak selalu berarti bertindak sebagai pelaku ekonomi secara riil tetapi dapat bertindak hanya sebagai wadah tempat bertemunya atau transaksi para Pandu Adi dan dalam hal ini Koperasi akan menerima komisi saja.. Jumlah Anggota Pandu Adi yang telah terkumpul oleh Kak Will Dharma lebih dari 400 orang yang tersebar digseluruh dunia dengan kondisi ekonomi yang bervariasi.

Dalam kesempatan ini, kami mengajak teman-teman Pandu Adi untuk bersama-sama merealisasikan pendirian Koperasi B19 ini .

ACTION PLAN / PROGRAM

1. Untuk satu bulan kedepan, kita akan mecanangkan kegiatan pendaftaran anggota dengan mengisi formulir pendaftaran yang nanti akan disebarkan kepada Para anggota baik melalui milis B19 maupun melalui teman-teman per-angkatan yang bersedia membantu mendistribusikannya. Untuk Pendaftaran anggota setiap anggota akan :

A. Membayar simpanan pokok sebesar Rp 250.000,-

B. Membayar simpanan wajib/ bulan sebesar Rp 50.000 ,-

a. Untuk penyetorannya ditransfer ke rekening sementara PPA di Bank BCA-Capem Bintaro 3, Tangerang atas nama Bambang Suprihadi

b. Nomor Rekening: 474-100-672-8.

c. Disarankan untuk simpanan wajibnya bisa dibayarkan minimal 6 bulan kedepan sekaligus untuk mempermudah administrasinya. Bila sudah di transfer mohon kirim SMS untuk konfirmasi transfer dan jumlahnya yang ditransfer ke Kak Bambang Suprihadi di No : 0811144189 atau 0217114460.

2 Atas dikirimnya simpanan pokok maupun simpanan wajib Koperasi B19 ini, pengurus akan menerbitkan Member Card, Kartu Anggota Koperasi B19. Dan Pengurus akan mengefektifkan keanggotaan Koperasi B19 dengan lembaga keuangan formal yang sudah beroperasi di Indonesia.

3 Dengan menganut falsafah Organisasi berkembang, saat ini kami belum akan menentukan basis kota Koperasi B19 akan didaftarkan. Namun jenis Koperasi yang akan dijalankan adalah Koperasi Serba Usaha atau Aneka Usaha.

4 Bagi para Pandu Adi yang bersedia menjadi Pengurus Koperasi di wilayahnya masing masing nantinya perlu diberikan penyuluhan atau pendidikan terlebih dahulu untuk memahami maksud dan tujuan pendirian koperasi, untuk itu dapat meminta bantuan kepada Dinas Koperasi dan UKM ataupun lembaga pendidikan koperasi lainnya untuk memberikan penyuluhan dan pendidikan serta pelatihan mengenai pengertian, maksud, tujuan, struktur organisasi, manajemen, prinsip-prinsip koperasi, dan prospek pengembangan koperasi. Kami mengundang bagi teman-teman Pandu Adi sudah berpengalaman dalam menjalankan Koperasi, silahkan mulai dari sekarang menyiapkan diri untuk membagi pengetahuannya dan keahlian dengan teman-teman Pandu Adi yang akan duduk dalam pengurus Koperasi.

5 Sebagai bahan kajian awal bagi teman-teman Pandu Adi, kami sampaikan disini Draft Anggaran Dasar Koperasi dan Prosedur Pendirian Koperasi. Dari 2 dokumen tersebut dapat terlihat apa yang harus disiapkan dan apa yang akan kita kerjakan kedepan. Kami menerima dengan senang hati, setiap masukkan maupun usulan yang dapat meningkatkan performance dari pada Koperasi B19 ini.

STJ

Dedi R. Rachman

Ketua Koperasi PPA B19

(654) view

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.