Dibalik berdirinya Booth 19

Kakak semua, terima kasih atas partisipasinya shg kita bisa “tampil dg baik” di reuni TOP kemarin. Semua yang diminta untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini sudah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik ! Luar biasa ! Hormat dan salut saya untuk rekan rekan semua! Saya betul betul bekerja dengan para “profesional” di bidangnya. Yang telah melakukan ini tanpa pamrih, penuh semangat dan kesungguhan. Sekali lagi luar biasa ! Sehingga dalam pelaksanaannya semua berjalan dengan sangat baik, dan itu semua juga karena kemurahanNya !
Dari sentilan ka’ Rudy Budiman pada saya agar kita (Pramuka) ambil bagian dari reuni ini, mulailah dicari bentuk yang tepat dalam pelaksanaannya. Akhirnya setelah saya minta pendapat dan urun saran dari rekan rekan, diputuskan untuk mendirikan Booth Pameran dg aktivitas yg menyertainya. Thema yang diangkat adalah “menyongsong 50 th B 19 di St. Aloysius pada 2011“.
Pertama saya contact BA (Mikael Budianastas), dia adalah S2 Arsitek. Saya minta untuk mendesign “Booth Pameran B19”. Menanggapi serius dan on time, konsep selesai. Wah, saya takjub dg apa yang dihasilkan. rupanya BA dapat menyerap apa yang saya inginkan, beberapa koreksi dan saran saya sampaikan lagi dan saya minta agar dapat dipresentasikan pada rekan rekan pada Sabtu, 7 Feb 2009. Handy dengan antusias dan semangat seperti biasanya, menyambut kegiatan ini. Segala daya dan upaya dikerahkannya untuk kesuksesan B19 di reuni ini. Atas backup Handy dan Warner saya berbesar hati dan optimis booth B19 dapat berdiri dan selesai pada saatnya. Udah deh saya tenang, karena ada pakar dibidang bangunan yang menghandle pembuatannya. Dan hasilnya luar biasa….. selain tepat waktu, konsep pameran dapat tertuang dengan apik dan malah ditambah dengan beberapa improvisasi yang asik, demikian komentar BA waktu melihat hasilnya.
Budy (Budyman) dan Dicky saya call untuk bantu di sektor keuangan, saya percayakan saja pada pengusaha dan perbankan soal ini sih. Tugasnya untuk mengumpulkan partisipasi dana dari Oldboys. Mereka gedar gedor sana sini untuk mengingatkan dana. He..he..he….was was atas tanggapan yg mengalir pelan, namun lega setelah pada minggu minggu terakhir partisipasi jelas terbentuk.
  • Sabtu, 7 Feb 2009, semua Team B 19-20 berkumpul di Sanggar, konsep dipaparkan dan tanggapan dan ide ide gila bermunculan, namun semua memperkaya dan memperkuat sasaran kegiatan kita. Luar biasa sekali antusiasme dan dukungannya.
  • Dede Dharma yang tadinya akan diminta (dan sudah menyanggupi) untuk menyediakan mesin cetak foto (untuk kegiatan foto di stand pramuka), berlegowo tidak jadi. Pertimbangannya sdh ada stand Fuji Film dan NU Green Tea yg mengadakan acara itu. Dan untung tidak jadi karena listriknya tidak kuat/mati hidup, sampai sampai Fuji Film tidak bisa beroperasi pada saat kegiatan reuni. Setelah mendapat masukan, terutama ide2 gila dari Dede dan Handy (yang membuat saya sadar untuk tidak melakukan ide ide itu ..:).), dan berdasarkan beberapa pertimbangan, disimpulkan kita hanya akan menampilkan Pameran Foto dan Emblem Kepramukaan, Pemutaran Klip Film dan Pembuatan PIN.

    Mulailah dibagi tugas untuk “mengisi” stand kita ini. Darwin kebagian 2 tugas pokok yaitu membuat Film Klip dan membuat PIN. Indra kebagian mengurus barang barang sanggar yang akan dipamerkan dan membantu Darwin membuat Pin pada saat kegiatan. Foto dan dekor pameran ditugaskan pada Keven dan angkatannya. Emblem KePramukaan seperti Badge dan atribut Logam, saya yang mengurusnya, barang barangnya disusun hanya dari properti pribadi Saya, Ka Loeke, Jesse, Augie & Philipe, soalnya spacenya terbatas.
    Selain itu tugas operasional menjaga Stand dipegang oleh para Penegak dan Penggalang (yang notabene anak SMA dan SMP St. Aloysius), dibawah koordinasi Saretta dan Jesse.

    Agus Angga, saya dan BA pulang dari pertemuan di sanggar mengadakan makan malam dengan wakil angkatan TOP 84, hasilnya order PIN pertama sebanyak 100 pc dg harga @ Rp. 10.000,-, lumayan buat nambah Kas Gudep 🙂

  • Senin, 9 Feb 2009, sortir foto bersama Darwin, Warner mulai membuat Booth setelah menerima design jadi dari BA.
  • Rabu, 11 Feb 2009, kumpul lagi untuk melakukan rapat Progress Report di kantornya Handy. Design tower sdh jadi, stiker sdh jadi, Film sdh jadi 2, kumpulan foto diberikan utk diproses, konsumsi ditugaskan pada Diana, box sumbangan dipinjemin Handy ( walaupun kegedean tapi jadinya menyolok dan jadinya banyak yg nyumbang :)). Siplah !

  • Kamis, 12 Feb 2009, kumpul di rumah Darwin utk membuat pesanan pin Top 84. Dilanjutkan menyusun badge dan formatnya, membuat Film dan Foto dirumah masing masing.
  • Jumat, 13 Feb 2009, menyusun Atribut (Logam).
  • Sabtu, 14 Feb 2009, pagi pagi sudah di IPTN utk bangun Booth, Indra ambil barang barang dari Sanggar, Booth disetel ditempat, selesai afternoon, Keven dibantu T langsung mengisinya. Malam hari sdh beres, Indra dan Darwin nginep jagain.
  • Minggu, 15 Feb 2009, Stand Pramuka paling ramai dikunjungi karena banyaknya dukungan dari Oldboys dan paling mencolok karena Baguuuuuus nya itu lho !!!. Moal era nangkring di stand pramuka, malah bangga nu aya ! Penegak dan Penggalang dengan semangat menyambut kedatangan para seniornya, terasa kebanggaan bisa menjadi bagian dari keluarga besar B 19 -20. Yang tugas jaga dan akhirnya ngga gantian spt direncanakan, karena ngga pengen pulang dulu : Jesse, Augie, Timothy, Sarreta, Chintya, Inez, Widi, Anthony,  Audy, Ken, Sharon, Tere, Gio, dll.
Semua old boys disematkan Pin St. George setelah registrasi. Tamu yg datang juga bisa beli pin, namun beda dg oldboys punya. Kampanyenya sih : Support Pramuka B 19- 20. Oldboys yang nangkring di stand Pramuka tidak pernah berhenti dan berulang ulang datang lagi. Setelah bosan di dalam bertemu teman teman seangkatan, balik lagi ke stand pramuka utk ketemu dg oldboys yg lain. Kita kan punya ikatan lintas angkatan :). Kanda George, Ka Denny dan Ka Loeke akhirnya bisa datang juga, jumlah Old Boys yg Registrasi cukup banyak, saya ngga bisa sebutkan satu persatu, namun yg saya inget angkatan diatas saya ada ka Inong, ka Bondan, ka Wie Leng, ka Rudy Budiman, ka Bobby lengkong kecil, ka Iwan harimau, ka Yan yahya, ka Iwan Dega, ka Uke, ka Hadi, ka Boyke, ka “Letkol marinir” Ivan, dll, angkatan saya : Doddy, Dicky, Dede, Yohanes, Agus Angga, Alex, Toni Black,angkatan dibawah saya yg paling banyak mah: Andy,Ruddy Puspo, Robby, Marcel, Steve, Irsan, Loeloe, Rueben, Ivan, Adam, Wiily, William, Handy, Edo, Renald, dll.
Saya ngga ketemu kanda Dji, ka Djodi, Marcus, dll, where are guys?
Sore hari spt yg diperkirakan suasana sdh sepi, jam 8 malam kita bongkar bongkar. See U 2011 !!!!
Terima kasih Tuhan untuk kesempatan yg diberikan ini,
Mohon maaf kalau ada nama yg tidak tersebut !!!
Vivat Yos,
Toni S

(910) view

Stand Pameran Gudep Bandung 19 – 20

Gugus Depan Bandung 19 -20 akan berpartisipasi dalam Reuni Akbar St. Aloysius tanggal 13 – 15 Februari 2009, dan akan membuka stand dalam pameran reuni akbar tsb. Tema pameran kita adalah: “Menyongsong 50 thn Gerakan Pramuka Bandung 19 – 20” Berdasarkan rancangan dari BA (budi) stand Bandung 19 -20 di bagi menjadi 2 tema, uraian dari yang bersangkutan adalah sebagai berikut:

===============================================

“Pada dasarnya ada 2 tema di booth itu: 1. tema nostalgia (for old time sake); 2. tema promosi (for present time sake).. aktivitas lain seperti bikin pin ato cetak foto bisa diakomodir di bagian tema yg promosi, tapi mungkin harus konfrm dulu teknis mesin dan alat2 utk cetak dan print dll.

b19-booth-1

ka toni smpt nyebutin pengen pake infocus, bisa aja, tapi saya ga bikin layar khusus karena 1. infocus biasanya ga bole nyala terus2an (kecuali klo ada tipe yg mmg dirancang utk itu) 2. barang mahal, klo ditempatkan sepanjang pameran tergantung banget sama kehadiran dan keawasan petugas piket yg jaga pameran .. dipertimbangkan dgn peran dia yang kalo harus dobel ngelayanin permintaan foto ato bikin pin (— tenaga / manpowernya ada/cukup jumlahnya / ga? ato mau bayar SPG / SPB ?). Jadi utk proyektor saya rasa sifatnya dadakan aja, termasuk layarnya, dan lokasinya di area promosi.
budget saya ancer2 sekitar 3 jt utk bikin large print (background photo, editing/cetak2/scan foto2, alat2 persiapan pameran, konsumsi personil, transport, panel tripleks dadakan, bayar tukang 1-2 org utk 1-2 hari kerja)

b19-booth-2
utk kelancaran, perlu segera dipastikan siapa yg milihin foto2 yg akan dipajang (katanya sekardus indomi, yang sampe angkatan 80an doang), penginventaris dan yg milih barang2 display (memorabilia, alat latihan, buku2, emblem, patches/badge, bendera, patung, dll), siapa yg tanggung jawab utk penyiapan cetak pin, print foto, dll. ujungnya adalah daftar inventory benda2 dan foto2 yg akan dipamerkan dan alat2 yg diperlukan selama pameran.”

 

b19-booth-3

Salam 3 Jari 

Budi

===============================================

Sampai dengan hari ini dana yang terkumpul untuk acara pameran ini baru Rp. 400.000, kami harapkan partisipasi teman teman dalam acara ini, berikut adalah pesan sponsor dari bendahara:

===============================================

“Seperti yang kita ketahui bahwa sekolah Santo Aloysius akan melakukan reuni akbar semua angkatan, kiranya kita telah diberi tau bahwa kita telah diberikan 1 stand untuk pameran dengan gratis, dan tentunya kita harus menggunakannya sebaik mungkin yang mana kiranya target dari pameran Gudep kita ini kurang lebih untuk

1.       Menarik minat orang tua yang memiliki anaknya untuk bisa masuk kembali ke Pramuka kita B19-B20, yang mana saat ini kita punya Gudep sedang krisis pengikut Pramuka nya / sangat minim

2.       Menampilkan atribut atribut yang kita miliki yang mana atribut tsb dapat merangsang orang tua melihat prestasi Pramuka kita yang telah kita miliki baik event Nasional & International

3.       Mendisplay melalui invocus / projector  kita punya acara baik Nasional & International

4.       Mendistribusikan brosur selama reuni berlangsung dan jika memungkinkan cedera mata

5.       Memberikan informasi bagaimana untuk menjadi Pramuka di B19-B20 bersama para Pembina di Gudep kita, dan para penggalang yang masih aktif di gudep kita

Untuk hal tsb diatas kiranya Bapak/Ibu ex maupun yg masih di B19-B20 kiranya dapat membantu dananya, dan kiranya tidak begitu besar karena hanya untuk mendekor layout/dinding, mencetak brosur, konsumsi saat acara dimulai untuk penjaga stand panitia, namun walaupun sedikit tentunya sangat berarti bagi para relawan yang akan bertugas dilapang nantinya.

Kiranya ada dari para Senior kita yang mau membantu menyumbang dapat di transferkan ke rekening tsb dibawah ini,

Atas nama :   Budyman Tanuwidjaja   – BCA Setiabudi –  acc no : 2331370691  (Mohon cantumkan nama pengirimnya yg jelas)

                      Waktu  transfer dari Tgl : 1 Febuari s/d 13 Feb

Jumlah final dan detail sumbangan akan diposting terbuka di email B19-20, dan kelebihan dana akan dimasukkan ke kas Gudep B19-20 yang kita cintai ini, untuk digunakan sebaik baiknya demi pengembangan gugus depan B19-20 yang kita cintai ini.

Atas nama bendahara sementara kegiatan ini kami ucapkan banyak terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya, tanpa dukungan rekan rekan acara ini tidak dapat berjalan dengan baik.

Salam 3 Jari,

Budyman Tanuwidjaja”

==============================================

(506) view